Monday, November 06, 2006

Candlestick

Merupakan ilmu paling tua yang digunakan oleh trader untuk memprediksikan pergerakan market price. Dikembangkan oleh seorang trader Jepang yang bernama Munehisa Homma pada tahun 1970-an. Apakah cara ini akurat? Well, tidak ada satu pun cara yang selalu berhasil 100% di Market. Namun Munehisa Homma klaim bahwa ia telah berhasil 100 kali berturut-turut memenangkan pertarungan di market dengan menggunakan metoda ini.

Ok, sekarang mari kita mulai pelajari dulu pengetahuan dasar mengenai Candlestick ini.
Ada dua macam Candlestick menurut posisi pembukaan dan penutupan harganya. Yaitu:


1. Empty or Clear Candlestick yang menggambarkan penguatan.


Bagian bawah pojok adalah harga pembukaan dan bagian atas pojok adalah harga penutupan. Mungkin Candlestick Anda memiliki warna yang berbeda dengan yang saya punya. Silahkan diperhatikan warna background grafik Anda. Jika Background grafik Anda berwarna hitam, maka ‘empty candlestick’ Anda sama warnanya sama dengan yang saya punya.

Namun jika background grafik Anda tidak berwarna hitam, maka empty candlestick Anda mempunyai warna yang sama dengan warna background grafik Anda.


2. Shaded Candlestick yang menggambarkan pelemahan.


Bagian atas pojok adalah harga pembukaan dan bagian bawah pojok adalah harga penutupan. Mungkin Candlestick Anda memiliki warna yang berbeda dengan yang saya punya. Silahkan diperhatikan warna background grafik Anda. Jika Background grafik Anda berwarna hitam, maka ‘shaded candlestick’ Anda sama warnanya sama dengan yang saya punya.

Namun jika background grafik Anda tidak berwarna hitam, maka shaded candlestick Anda mempunyai warna yang berbeda dengan warna background grafik Anda.

Note:
Saya akan terus menggunakan warna background hitam pada setiap gambar yang saya cantumkan di artikel ini.


Kemudian, mari kita pelajari keseluruhan tubuh dari candlestick tersebut.

Penjelasan
1. Real body, merupakan bagian yang dimulai dari opening price dan berakhir pada closing price.
2. Shadows, merupakan bagian level-level tinggi dan level-level rendah pada perioda tersebut.
3. Range (real boday+shadows) merupakan keseluruhan candlestick tersebut. Mulai dari level tertinggi dan berakhir pada level terendah.


Empty Candlestick



Shaded Candlestick



Setelah mengetahui apa itu Candlestick, sekarang mari kita mengenal beberapa pola candlestick yang sering kita jumpai pada grafik kita. Silahkan klik di sini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home